9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Month: March 2016

Apa Itu Virus Zika ?

Apa Itu Virus Zika ?,- Virus zika saat ini terdenganr tidak asing di berbagai belahan dunia, Di Indonesia sendiri kemunculan virus ini sebenarnya telah lama adanya. Infeksi virus Zika terjadi melalui perantara gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes aegypti. Temuan ini cukup mengejutkan karena virus ini biasanya menjadi endemik kawasan Afrika dan area pasifik. Virus zika biasanya tidak muncul di Asia Tenggara. Apa sebenarnya Virus Zika dan Apa Serangan Infeksi Yang Muncul Karena Virus Zika ?

Virus Zika adalah virus yang proses penularannya melalui nyamuk Aedes Aegypti. Beberapa riset mengembangkan kecurigaan adanya kemungkinan penyebaran virus ini di luar media nyamuk, seperti melalui proses tranfusi darah dan hubungan seks. Meski dugaan ini belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Virus ini pertama ini diidentifikasi pada tahun 1947 di negara Uganda. Temuan pertama kali dari kasus Zika Virus justru didapatkan dari kasus demam yang muncul pada kera asli endemik Uganda. Kemudian virus ini menjangkit manusia dan pernah menyerang sejumlah populasi manusia di kawasan Afrika secara meluas pada tahun 1954.

Dan kasus pertama dari penyakit yang disebabkan oleh Virus Zika di luar Afrika terjadi di Yap Island, sebuah pulau di kawasan Pasifik Mikronesia pada tahun 2007. Semenjak itu, kasus Virus Zika beberapa kali muncul dalam frekuensi yang tidak kuat di kawasan Pasifik. Di Asia Tenggara sendiri kasus ini masih terbilang sangat langka.

Serangan Infeksi Yang Muncul Karena Virus Zika 

Virus Zika jika menyerang wanita hamil akan mengalami bahaya besar, karena ibu hamil yang positif memiliki virus zika akan menyebabkan resiko menularkan virus tersebut pada janin dalam kandungannya. Dan virus ini pun akan menyerang jaringan otot dan sistem saraf pusat di otak janin. Virus ini akan menyebabkan cacat mikrosefalus (ukuran otak yang kecil) pada bayi.
Bukti tersebut telah dibuktikan dengan temuan dari Brazil terjadi peningkatan signifikan kasus bayi yang lahir dengan cacat mikrosefalus.

Gejala Virus Zika 

Virus Zika memiliki gejala yang umum, gejala virus zika yang sering dijumpai adalah sakit kepala, nyeri di belakang mata, dan lelah. Gejala ini umumnya bersifat ringan dan berlangsung cukup lama sekitar 1 minggu.
Proses inkubasi virus zika masih belum diketahui, tetapi kemungkinan berlangsung hingga 2-7 hari semenjak pasien terpapar virus ini. Dari 5 orang yang terinfeksi virus zika, 1 orang menjadi penyebab virus ini. Walaupun penyakit ini jarang, tetapi memungkinkan terjadinya kasus berat yang memerlukan penanganan lebih lanjut di rumah sakit, bahkan kematian.

Pencegahan Virus Zika

Mencegah gigitan nyamuk adalah salah satu pencegahan awal yang dapat membantu anda terhindar dari infeksi virus zika.  Berikut ini beberapa langkah pencegahan untuk menghindari terjangkit virus zika :
  • Memastikan tempat yang anda tinggali memiliki pendingin ruangan atau setidaknya memiliki tirai pintu dan jendela yang dapat mencegah nyamuk
  • Gunakan obat nyamuk di area tempat tidur atau gunakan kelambu pada tempat tidur 
  • Gunakan baju dan lengan berlengan panjang saat tidur
  • Gunakan perawatan, pencucian, atua pemakaian pakaian serta peralatan yang menggunakan bahan dengan kandungan permethrin.
  • Lakukan tes virus zika terutama pada ibu hamil

Apa Itu Virus Zika ?

Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme