Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Mata Katarak

Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Mata Katarak,- Katarak merupakan kondisi yang sering dialami oleh lansia. Katarak dapat menyebabkan kebutaan atau cacat penglihatan secara permanen. Penyakit ini disebabkan akibat lensa mata mengalami kekeruhan. Lensa mata terletak di bagian belakang iris dan pupil mata yang memiliki fungsi sangat penting. Jika lensa mata mengalami kekeruhan maka pandangan mata memang tidak bisa terpantul dengan baik. Penyakit ini sering menyerang orang yang sudah berusia 40 tahun lanjut. Tak heran jika penderita merasa ketakutan jika katarak yang dideritanya tak kunjung sembuh karena dapat menyebabkan kebutaan permanen, ketika awal katarak terjadi lensa mata hanya terpengaruh sedikit dan biasanya tidak dirasakan oleh penderita. Ketika menerima cahaya mata akan menerima sinar yang terlihat lebih terang dari cahaya tersebut.
Tapi tahukah anda bahwa biji bunga matahari sangat berkhasiat untuk penderita katarak ?
Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Mata Katarak
Biji Bunga Matahari atau yang biasa disebut kuaci ternyata sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi biji bunga matahari ternyata sangat bermanfaat untuk cara mengobati katarak. Camilan ini mengandung beberapa bahan yang sangat penting untuk menyembuhkan katarak pada tahap awal. Biji bunga matahari merupakan makanan yang mengandung vitamin E yang bisa menjadi sumber antioksidan. Bahan vitamin E penting untuk melindungi kesehatan mata akibat kerusakan dari radikal bebas. Bahkan vitamin E juga penting untuk memberikan perlindungan untuk kulit. 
Yang membuat biji bunga matahari dipercaya sebagai makanan sehat untuk mata adalah karena mengandung selenium zinc dan vitamin E. Kedua kandungan ini dapat mencegah katarak dan kelainan mata lainnya akibat faktor penuaan
Biji bunga matahari juga mengandung vitamin B2 yang mana berfungsi untuk mengurangi mata yang terlalu sensitif terhadap cahaya atau yang biasa disebut photopobia. 
Biji bunga matahari memiliki panjang sekitar 6mm hingga 10 mm dan memiliki bentuk kerucut dengan permukaan halus. Warna bagian luarnya hitam mantel dengan biji tunggal yang berwarna abu-abu putih. Setiap kepala bunga matahari berisi ratusan biji yang mengandung minyak nabati.

Manfaat Lain Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan

  • Anti-inflamasi

Biji bunga matahari dapat menjadi sumber makanan yang mengandung vitamin E, yaitu antioksidan yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin E diserap tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak struktur lemak seperti membran sel, sel-sel otak, dan kolesterol. Dengan melindungi komponen seluler dan molekuler, vitamin E memiliki efek anti-inflamasi yang signifikan, sehingga dapat juga mengurangi gejala asma, ostearthritis.
  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Vitamin E dalam biji bunga matahari pun memiliki peranan penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Vitamin E adalah salah satu antioksidan paling utama yang ditemukan dalam partikel kolesterol. Kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung dan stroke. 
  • Menurunkan Kolesterol

Kandungan pitosterol dalam biji bunga matahari dapat membantu menurunkan kolesterol serta dapat meningkatkan respon dan penurunan resiko kekebalan kanker tertentu.
  • Dapat Menenangkan Saraf, Otot serta Pembuluh Darah

Kandungan magnesium di dalamnya memiliki peran untuk mengimbangi kalsium, sehingga dapat membantu dalam mengatur saraf dan otot. Magnesium dapat membuat saraf seperti pembuluh darah dan otot bekerja secara normal. Asupan magnesium yang kuat dapat membantu menurunkan darah tinggi, kejang otot, migrain, kram otot.
  • Menjaga kesehatan Tulang

Kandungan magnesiumnya pun sangat diperlukan untuk kesehatan tulang dan produksi energi. Sekitar 2/3 dari magnesium dalam tubuh manusia ditemukan dalam tulang kita. 
  • Meningkatkan Proses Detoksifikasi

Kandungan selenium dalam biji bunga matahari adalah mineral penting bagi tubuh. Selenium telah terbukti menginduksi DNA dalam sel yang rusak, menghambat proliferasi sel kanker, dan juga menginduksi apoptosis mereka dan digunakan tubuh untuk menghilangkan sel-sel abnormal.
Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat biji bunga matahari, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Salam Sehat !

Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Mata Katarak

Updated: August 31, 2016 — 6:07 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme