9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Daun Kemangi Untuk Mata Buram

Khasiat Daun Kemangi Untuk Mata Buram,-  Daun kemangi merupakna salah satu daun sehat, kerap digunakan sebagai lalap. Tapi tahukah anda bahwa daun ini juga bermanfaat bagi kesehatan ?
Daun kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh secara tegak dan memiliki cabang yang banyak, tinggi tanaman ini bisa mencapai 100cm dan berbentuk perdu, bunga kemangi tersusun di tandan yang tegak, daunnya tegak, panjang, berbentuk bulat telur, warnanya hijau muda dan tentunya harum, ujung daunnya biasanya tumpul dan tajam, panjangnya mencapai hingga 5cm, permukaan daunnya pun bisa bergerigi bisa juga rata, rasanya pahit dan wanginya seperti cengkeh. 


Kandungan dan Khasiat Daun Kemangi

  • Daun Kemangi mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diuji dapat melawan lipid radiasi oksidasi dalam hati tikus.
  • Daun kemangi memiliki manfaat sebagai minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol. Senyawa ini memiliki sifat inflamasi dan anti bakteri.
  • Daun kemangi ini sangat rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, tetapi sumber yang sangat kaya dan banyak nutrisi penting, mineral dan juga vitamin yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal.
  • Zat penting lainnya seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin. Senyawa ini membantu tubuh untuk melindungi radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
  • 100g manfaat daun kemangi mengandung 5,275 mg atau sekitar 175% dari dosis harian dalam vitamin A. Manfaat vitamin A dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Hal ini diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit. Konsumsi makanan alami yang kaya akan vitamin A, telah ditemukan untuk membantu tubuh melindungi sel kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
  • Ramuan daun kemangi memiliki sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga dan magnesium. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co faktor untuk enzim dan antioksidan, superoksida dismutase. 
  • Vitamin K dalam daun kemangi memiliki fungsi penting untuk fungsi tulang, termasuk penguatan tulang dengan membantu proses mineralisasi pada tulang.


Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

  • Mengobati Batuk dan Pilek

Daun kemangi bisa digunakan untuk mencegah batuk dan pilek. Daun yang sering dijadikan lalapan ini mengandung zat yang dapat menjauhkan bakteri penyebab batuk dan pilek.

  • Mengobati Keputihan

Dalam daun kemangi juga terdapat kandungan antibiotik alami yang dapat membunuh kuman penyebab keputihan. Cara menggunakannya adalah dengan memakan daun kemangi mentah mentah saja bersama nasi. Selain itu daun ini juga dapat menjaga aroma alat reproduksi agar tetap sedap.

  • Sebagai Anti Radang

Manfaat berikutnya adalah sebagai anti radang karena kemangi mengandung zat cineole myrcene dan eugenol yang berperan sebagai antibiotik alami dalam tubuh. Antibiotik tersebut berperan untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.

Khasiat Daun Kemangi Untuk Mata Buram


Daun Kemangi bisa digunakan sebagai obat mata, yaitu untuk memperjelas penglihatan mata. Kemangi dikonsumsi sebagai lalapan. Ini terbukti karena kandungan dalam daun kemangi sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Daun kemangi dapat menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, bisa dijadikan minuman atau dapat dimakan bersama nasi sebagai lalapan. Meskipun vitamin A dalam daun kemangi tidak sebanyak vitamin A dalam wortel, tetapi jumlah tersebut maih cukup untuk menjaga kesehatan mata.

Daun kemangi memiliki zea xanthin yang dikenal sebagai senyawa karotenoid flavoid kuning, yang secara efektif diserap ke dalam retina makula lutea yang ditemukan untuk menyaring sinar UV yang berbahaya memasuki retina. Zea xanthin, akan membantu melindungi dari penyakit yang berkaitan dengan usia makula (AMRD) terutama pada orangtua
Penyebab pandangan mata buram adalah astenopia atau kelelahan mata. Penglihatan mata buram bisa berhubungan dengan lamanya memandang komputer terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Itulah yang menyebabkan mata lelah sehingga sulit fokus pandangan menjadi kabur dan pedih juga mengalami pusing dan sakit kepala. Tetapi anda tidak perlu khawatir, kini bisa gunakan daun kemangi, sering-seringlah mengkonsumsi daun kemangi karena manfaatnya baik untuk kesehatan.

Khasiat Daun Kemangi Untuk Mata Buram

Updated: August 30, 2016 — 4:17 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme