Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Daun Miana Untuk Mata Merah

Khasiat Daun Miana Untuk Mata Merah,- Daun Miana adalah satu jenis daun yang mungkin jarang anda dengar. Tapi sebenarnya ada di sekitar anda, daun miana seringkali disebut daun iler. Daun ini berwarna merah dan sering dimanfaatkan sebagai jenis tanaman obat-obatan alisan tanaman obat herbal. Daun miana memiliki nama ilmiah Coleus Scutellarioides, yang merupakan jenis tanaman yang tumbuh pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Tetapi saat ini daun miana bisa dikembangbiakan di dataran rendah seperti daerah persawahan dan pekarangan rumah dekat perkotaan, sehingga lebih mudah untuk memanfaatkannya.
Dalam daun miana terdapat sejumlah zat kimia seperti tannin, pectic substances, fitosterol, dan kalsium oksalat. Daun ini juga dilengkapi dengan minyak atsiri seperti eugenol yang bersifat anti-nyeri, karvakrol yang memiliki sifat anti-iritasi. Dan daun ini juga mengandung lemak dan lendir.
Daun Miana ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Ya warna daunnya memang memiliki daya tarik sendiri bagi beberapa pecinta tanaman hias. Daunnya yang berwarna merah kegelapan memperindah tampilan rumah, ruangan maupun bangunan lain sebagai tanaman hias. Tetapi siapa sangka bahwa tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengobatan herbal. 

Khasiat Daun Miana

Daun miana ini dapat dimanfaatkan untuk membantu mengobati wasir, mengobati bisul, sebagai obat sakit perut dan mulas, mengobati mata merah, mengatasi gangguan saat menstruasi, mengobati diabetes, menyembuhkan dan meringankan gejala batuk, membantu menyembuhkan demam dan menurunkan panas.

Khasiat Daun Miana Untuk Mata Merah

Indera mata merupakan hal yang sangat penting demi kelangsungan hidup manusia. Tanpa mata kita tidak bisa menikmati indahnya alam dunia. Tapi terkadang mata memiliki beberapa masalah gangguan kesehatan yang sulit untuk dihindari. Contohnya mata merah akibat iritasi. Nah daun miana ini bisa mengobati mata merah akibat iritasi secara alami. Caranya sangat mudah sekali untuk mengolahnya.
Pertama siapkan 5 lembar daun miana. Untuk pengobatan dari dalam, kita rebus bersama segelas air hingga tersisa 2,5 gelas. Minum airnya dengan teratur. Nah untuk obat luar, remas daunnya kemudian teteskan airnya pada mata yang sakit.
Atau bisa dengan cara lain yaitu dengan menempelkan atau mengompres mata anda dengan daun miana yang sudah dibasahi atau dicacah-cacah. Ini akan menolong anda untuk menyembuhkan mata merah yang dialami.
Itulah tips menggunakan Daun Miana untuk mengobati mata merah. Anda tidak perlu khawatir dengan pengobatan herbal, karena pengobatan herbal cenderung mudah dan tidak menyebabkan efek samping. Tetapi pastikan segala macam bahan yang anda gunakan untuk mengolah daun miana steril dan bebas kuman, agar tidak terjadi infeksi pada mata akibat kuman. Cara mengobati mata merah lainnya adalah dengan stop mengucek mata dengan tangan, karena pada tangan terdapat kuman-kuman yang membahayakan kesehatan atau bahkan dapat menyebabkan infeksi. Salam Sehat !

Khasiat Daun Miana Untuk Mata Merah

Updated: August 25, 2016 — 6:48 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme