9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Daun Pegagan Untuk Mata Bengkak

Khasiat Daun Pegagan Untuk Mata Bengkak,- Pernah dengar daun pegagan ? Pernah lihat ? Daun pegagan ini sering sekali ditemui di sekitar lingkungan karena tanaman ini tumbuh liar. Tetapi tahukah anda bahwa tanaman liar inipun memiliki manfaat untuk kesehatan. Nama lokal daun pegagan adalah daun kaki kuda (Indonesia), Pegaga (Ujung pandang).

Uraian Tanaman :
Kadang daun pegagan ini ditanam sebagai tanaman sayuran (Sebagai lalab), terdapat di ketinggian 2.500m diatas permukaan laut. Pegagan merupakan terna menahun tanap batang, tetapi dengan rimpang pendek dan stolon-stolon yang merayap dengan panjang 10 cm hingga 80cm, akar keluar dari tiap bonggol, banyak bercabang yang membentuk tumbuhan baru. Helai daun tunggal dengan tangkai panjang sekitar 5cm-15cm berbentuk ginjal. 

Bermacam-macam gangguan kesehatan dapat diobati dengan menggunakan daun pegagan diantaranya penyakit hepatitis, gangguan kesehatan pada mata, campak, demam, amandel (tonsilis), sakit tenggorokan, bronkitis, infeksi dan batu saluran kencing, mata merah, wasir, keracunan, muntah darah, batuk darah, mimisan, cacingan, dan lepra. 

Khasiat Daun Pegagan Untuk Mata Bengkak

Daun pegagan ini khasiatnya sangat baik pula untuk memperbaiki dan merevitalisasi pembuluh darah atau sel-sel saraf mata yang rusak. Selain itu juga tanaman pegagan dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menyembuhkan mata bengkak
Pegagan memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh mata yaitu “carotenoids” yang dapat membantu mempertajam pandangan mata. Carotenoids ini tidak dapat digantikan oleh vitamin A, karena vitamin A yang berlebihan pun dapat membahayakan kesehatan, tetapi carotenoids akan diubah menjadi vitamin A sesuai dengan kebutuhan. Inilah kelebihan zat “carotenoids” yang tidak akan membahayakan kesehatan mata. Senyawa ini sangat diperlukan pula oleh mata untuk meningkatkan ketajaman pandangan mata.  Oleh karena itulah pegagan kerap digunakan untuk mengobati mata bengkak, karena khasiatnya yang luar biasa dan pengobatannya yang aman.
Maka tak heran jika daun pegagan dijadikan obat tetes mata herbal yang cara pembuatannya adalah dengan cara melumatkan daun pegagan, lalu memerasnya hingga mengeluarkan cairan. Daun pegagan ditumbuk menggunakan mortal lalu disaring menggunakan kapas untuk diambil sarinya. Sari pegagan inilah yang digunakan sebagai obat tetes mata. Pemberian tetes mata herbal dilakukan setiap malam setiap akan tidur. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kerja obat tetes mata herbal. Hasil perasan daun pegagan tersebutlah yang digunakan untuk diteteskan ke mata.  Cairan ini digunakan 3-4 kali sehari. Selain itu pegagan juga dapat diminum dengan cara merebus 20 lembar daun pegagan dalam 3 gelas air hingga tersisa dua seperempat gelas.
Hati-hati dalam menggunakannya saat akan diteteskan ke mata mata adalah organ yang sensitif alangkah lebih baik jika konsultasi dengan ahlinya jika ingin menggunakannya.

Mata merupakan salah satu indera tubuh manusia yang fungsinya sangat penting bagi kelangsungan hidup, sementara itu kesibukan dan beban kerja menuntut penggunaan frekuensi penggunaan indera penglihatan semakin banyak apalagi di jaman yang serba modern ini kesehatan mata perlu sangat diperhatikan karena banyaknya radiasi akibat penggunaan gadget. Bila mata bermasalah tak semua orang bisa melakukan operasi, apalagi operasi mata biayanya sangatlah mahal. Alternatif lain misalnya dengan menggunakan obat tetes mata. Tetapi apakah anda bisa menjamin obat tetes mata yang ada gunakan yang berbahan kimia tidak akan menimbulkan efek samping di masa yang akan datang jika digunakan terus -menerus ?
Untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah mata mengalami gangguan disarankan melakukan pola hidup sehat setiap hari, konsumsi makanan-makanan bergizi seperti sayur dan buah, rajin olahraga, jauhi bermain gadget berlebihan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Salam Sehat !
Terimakasih telah mengunjungi artikel kami, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. 

Khasiat Daun Pegagan Untuk Mata Bengkak

Updated: August 24, 2016 — 7:02 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme