9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Daun Sendok Untuk Radang Selaput Mata

Khasiat Daun Sendok Untuk Radang Selaput Mata,-  Anda pernah mendengar daun sendok ? Ya Daun Sendok. Daun sendok adalah tanaman liar dan merupakan kelompok gulma yang sering diberantas petani. Daun sendok ini tumbuh di perkebunan karet, teh dll. Tanaman ini tumbuh di daerah lembab di dataran rendah hingga ketinggian 3000 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini juga terkadang tumbuh di halaman rumah dengan kondisi lembab. Tanaman ini mungkin terdengar biasa saja, tetapi tahukah anda bahwa tanaman ini juga dapat bermanfaat bagi kesehatan ?
Daun Sendok telah lama dikenal dan digunakan sebagai tanaamn herbal, tanaman ini bahkan dianggap tanaman sakral. Tumbuh dengan tangkai panjang dari sreset akranya, berdaun bundar dan bulat telur dengan pinggirnya bergerigi tidak teratur, permukaan daun halus dan sedikit berbulu. 
Tanaman ini memiliki kandungan plantagin, aucubin, ursolic acid, bethasitosterol, hentria-contane dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galacturonate, D-3 galactose, L-arabinose dan L-rhammose. Vitamin B1, C, A dan juga kalium. 
Kandungan Daun Sendok Untuk Pengobatan :
Dalam pengobatan daun ini sangat banyak bermanfaat. Daun ini memiliki sifat anti inflamasi (Anti radang), peluruh airseni (diuretic), karena unsur K peluruh dahak (mucolytic), menghentikan batuk (antitusiv), antiseptik karena glikosid aukubin, aphrodisiak memperbaiki penglihatan penderita kencing manis, hepatoprotektor, menormalkan aktivitas hati. Mempunyai rasa manis dan sifat dingin.

Penyakit Yang Dapat Diobati Oleh Daun Sendok 

Infeksi saluran kencing, kencing berlemak, kencing darah, bengkak karena penyakit ginjal (nefrotik edema), batu empedu, batu ginjal, radang prostat (prostatitis), kencing sedikit, demam, influenza, batuk rejan (pertusis),  radang pada saluran pernafasan, disentri, diare, nyeri lambung, radang mata merah (konjungtivis), gangguan pencernaan pada anak, nyeri otot, mata merah, batuk berdahak, beri-beri, hipertensi dan sakit kuning.
Khasiat Daun Sendok Untuk Radang Selaput Mata
Tak dapat dipungkiri bahwa daun sendok pun dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan pada mata termasuk radang selaput mata, mata merah dan mata iritasi. Cara memanfaatkan khasiat daun sendok untuk pengobatan radang selaput mata adalah dengan merebus daun sendok yang segar selama 15 menit, lalu airnya setelah dingin digunakan untuk mengobati radang selaput mata. Dan untuk pengobatan dari dalam bisa diminum airnya. Dari daun sendok yang diperas dan disaring untuk diminum airnya. Untuk pemakian dilaur, bubuhkan daun ini pada luka berdarah, tersiram air panas, bisul lalu di balut.
Untuk Radang selaput mata. Tanaman segar direbus 15 menit, airnya diteteskan pada radang selaput mata

Demikian itulah artikel tentang khasiat daun sendok untuk radang selaput mata. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Salam sehat !

Khasiat Daun Sendok Untuk Radang Selaput Mata

Updated: August 26, 2016 — 6:28 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme