Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal

Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal,- Penyakit batu ginjal adalah kondisi adanya batu berbentuk kristal yang keluar bersama urin. Kristal yang terus terbentuk ini daapt menjadi penghalang untuk aliran urin dan mengakibatkan urin tidak bisa keluar total dari sistem kemih. Bahkan pada beberapa kondisi dapat menyebabkan infeksi di bagian sistem kemih, saluran kemih bahkan ginjal. 

Sakit batu ginjal akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderita. Tetapi anda pun tenang saja, penyakit ini masih bisa diobati sebelum infeksi merusak ginjal atau menyebabkan gagal ginjal.
Penderita batu ginjal seharusnya tahu dan mengerti mengenai makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Bahkan ada beberapa jenis makanan yang dilarang sekali dikonsumsi oleh penderita batu ginjal. Inilah beberapa pantangan batu ginjal : 

Pantangan Makanan Penderita Batu Ginjal

  • Kedelai dan Kacang-Kacangan 
Kedelai dan kacang-kacangan akan menyebabkan produksi asam oksalat yang tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi membuat batu ginjal terbentuk menjadi lebih parah. Asam oksalat pun sangat berbahaya karena dapat mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal jadi lebih parah. 
  • Sayur Berdaun Gelap
Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang dan sayur lain juga mengandung oksalat. 
  • Tomat 
Tomat juga mengandung asam oksalat dan bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium akan sangat rentan mengalami pembentukan batu ginjal. Semua produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat sebaiknya dihindari penderita batu ginjal.
  • Daging Merah
Daging merah memang mengandung protein tetapi kadarnya sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Ini karena biasanya pemecahan protein menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras, akibatnya banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Dan juga bahan makanan ini dapat meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh dan menyebabkan resiko batu ginjal lebih tinggi.
  • Produk Dari Susu
Produk susu adalah salah satu minuman yang wajib pula dihindari oleh penderita batu ginjal. Ini sudah jelas karena susu mengandung kalsium yang dapat meningkatkan resiko batu ginjal. Susu juga mengandung beberapa komponen seperti kalsium, magnesium, dan juga kalium. Ketiga mineral ini dapat menyebabkan batu ginjal lebih parah.
  • Minuman Manis

Semua minuman yang mengandung pemanis, gula dan bahaya minuman bersoda juga harus dindari oleh penderita batu ginjal. Minuman manis pantangan batu ginjal yang utama karena dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. 
  • Makanan Mengandung Natrium dan Sodium
Makanan yang mengandung natrium (garam) dan sodium adalah jenis makanan yang harus dihindari pula oleh penderita batu ginjal. Sejumlah makanan yang mengandung senyawa ini juga dapat meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga berpengaruh untuk kondisi batu ginjal. 
  • Minuman Yang Mengandung Kafein
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dilarang untuk penderita batu ginjal. Kafein berbahaya karena minuman ini mengandung stimulan yang akan menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah dan menekan ginjal bekerja lebih berat.


Intinya jauhi makanan yang mengandung protein tinggi, kadar asam oksalat, Natrium, Sodium dan Kafein Jika Anda Tidak Ingin Batu Ginjal Bertambah Parah

Jadi kendalikan sakit batu ginjal dengan menghindari berbagai jenis pantangan batu ginjal. Ini pun harus diwaspadai oleh penderita yang telah sembuh dari batu ginjal, karena batu ginjal tetap memiliki kesempatan untuk terkena batu ginjal lagi. Jangan lupakan pula olahraga dan perhatikan asupan makanan. Salam sehat 🙂

Terimakasih telah mengunjungi artikel kami semoga bermanfaat.

Posted By : www.infokesehatandanpenyakit.com

Updated: August 22, 2016 — 5:48 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme