9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan Mata,- Alpukat memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita, banyak manfaat alpukat yang digunakan untuk membantu mencegah penyakit berbahaya dan meningkatkan metabolisme tubuh. Alpukat adalah buah yang cukup populer di Indonesia, biasa digunakan sebagai jus. Rasanya yang nikmat dan warnanya yang khas membuat buah ini gampang sekali dikenali. Nama ilmiah buah alpukat adalah Persea Americana. Buah ini memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi tetapi juga memiliki nutrisi yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Uraian Buah Alpukat 

Alpukat adalah pohon buah dari Amerika Tengah, dapat tumbuh liar di hutan-hutan, banyak juga ditanam di kebun dan di pekarangan yang lapisan tanahnya gembur dan subur juga tidak tergenang air. Walau dapat berbuah di dataran rendah tetapi hasilnya akan bagus jika ditanam pada ketinggian 200-1000 m di atas permukaan laut. Pohon alpukat memiliki daun tunggal, bertangkai yang panjangnya 1,5-5 cm, kotor, letaknya pun berdesakan di ujung ranting, bentuknya jorong hingga bundar telur memanjang, tebal seperti kulit, ujung dan pangkal runcing. 

Kandungan Buah Alpukat :

Alpha-carotene, beta-carotene, beta-cryptoxanthin, chrysanthemaxanthin, lutein, neochrome, neoxanthin, violaxanthin, zeaxanthin. Alpukat juga kaya akan lemak sehat, magnesium, kalium, vitamin C, vitamin K1, vitamin B6 dan juga karbohidrat yang khasiatnya sangat baik untuk kesehatan.
Lemak yang ada dalam alpukat ini merupakan lemak sehat atau lemak baik. Porsinya pun mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori buah alpukat. Artinya lemak disini memiliki kandungan cukup tinggi dalam buah alpukat ini. Kandungan lemaknya merupakan lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan resiko stroke dan jantung.
Proteinnya pun terdiri dari 4 gram protein, kandungan ini lebih banyak dibandingkan dengan buah lain. Lalu kandungan vitamin dan mineralnya sangat tinggi, kaliumnya lebih banyak daripada pisang. Alpukat pun kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, Vitamin B5. Alpukat pun mengandung serat dan hampir setelah serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.


Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan

  • Kesehatan Jantung
Dalam alpukat terkandung vitamin B6 dan asam folat yang dapat membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat tinggi homosistein dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Alpukat pun mengandung vitamin E, glutatihone, dan lemak tak jenuh tunggal untuk membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Mengontrol Tekanan Darah
Alpukat adalah sumber potassium/kalium yang sangat baik, yang dapat membantu mengontrol level tekanan darah.
  • Anti Inflamasi
Senyawa phytonutrisi ditemukan dalam alpukat, seperti polifenol dan juga flavonoid yang memiliki sifat anti inflamasi dan dapat mengurangi resiko gangguan inflamasi dan degeneratif.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
Alpukat kaya akan senyawa beta-sitosterol yang terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan Mata


Alpukat adalah sumber lutein karotenoid yang dikenal dapat membantu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia. Alpukat yang mengandung lutein dan zeaxanthin inipun sangat baik untuk kesehatan mata. Studi menunjukan bahwa penurunan resiko drastis katarak dan degenerasi makula umum terjadi pada orangtua. Oleh karena itu makan alpukat harus memiliki manfaat untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.

Menurut American Optometric Association, lutein dan zeaxanthin ini adalah karotenoid yang fungsinya untuk memfilter berbagai macam ancaman bahaya terutama gelombang cahaya biru yang menjadi salah satu penyebab kerusakan pada mata, keduanya pun berfungsi sebagai antioksidan pada mata untuk melindungi dari berbagai sel-sel jahat yang menyerang pada mata. Lutein luar biasa manfaatnya terhadap daerah makula mata, penelitian pun menunjukan mengkonsusmi buah alpukat yang mengandung kurang lebih 81 mikrogram lutein perharinya dapat membantu melindungi penglihatan agar tetap sehat sebagai aset di masa tua dan sebagai pencegahan sejak dini terhadap perkembangan penyakit katarak di masa yang akan datang.

Oleh karena itulah tidak ada salahnya mengkonsumsi alpukat sebagai asupan nutrisi harian anda, agar kesehatan tubuh dan mata selalu terjaga dengan alami.

By :  www.infokesehatandanpenyakit.com | Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan Mata
Updated: September 6, 2016 — 7:00 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme