9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Bawang Merah Untuk Mata Minus

Khasiat Bawang Merah Untuk Mata Minus,- Bawang merah kok untuk mata ? Memang bisa ? Bawang merah selain dijadikan bumbu dapur ternyata memiliki manfaat lain. Ternyata bawang merah pun memiliki kandungan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas dalam tubuh. Bawang merah biasanya sebagai penguat rasa dalam masakan. Bawang merah pun merupakan makanan padat nutrisi yang berarti rendah kalori dan tinggi nutrisi juga bermanfaat seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Itulah mengapa pada artikel kali ini kami akan membahas manfaat luar biasa bawang merah untuk kelainan pada mata minus.

Kandungan Gizi Bawang Merah : Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :
64 kalori, 15 gram karbohidrat, 0 gram lemak, 0 gram kolesterol, 3 gram serat, 7 gram gula, 2 gram protein, 10% kebutuhan vitamin C, vitamin B-6 dan mangan juga bawang merah ini memiliki kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor, dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

Tingginya kandungan gizi bawang merah tidak kalah dengan kandungan gizi bawang putih, keduanya sama sama dapat menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh. Manfaat bawang merah dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan sebagai media pengobatan. 

Khasiat Bawang Merah Untuk Mata Minus

Bawang merah sering kita kenal sebagai bahan bumbu untuk masakan. Bawang merah merupakan anggota tanaman Allium yang meliputi bawang putih dan daun bawang. Bawang merah ini telah dibudidayakan selama ribuan tahun dan muncul dalam sastra Yunani dan berbagai sejarah. Bawang merah ini memiliki senyawa flavonol dan senyawa polifenol. Bawang merah pun mengandung serat makanan, protein, vitamin C, kalium, folat, vitamin A, vitamin B6 dan juga mangan. Banyaknya senyawa yang terdapat dalam bawang merah ini, membuat bawang merah dapat bermanfaat untuk  meningkatkan kesehatan mata.
Bawang merah kaya akan vitamin A sebanyak 24%. Vitamin A dikenal dapat meningkatkan penglihatan dan juga mencegah kebutaan malam  yang berkembang seiring bertambahnya usia. Bawang merah penuh dengan belerang, sistein, dan lesitin yang dapat melindungi lensa mata dari pembentukan katarak.
Vitamin A yang ada di dalam bawang merah pun diketahui mampu melindungi anda dari kerusakan radikal bebas yang berbahaya. Mereka pun dapat berguna untuk memelihara membran, mencegah infeksi juga memberikan kesehatan mata yang baik. Selain manfaatnya yang baik untuk kesehatan mata bawang merah pun dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah beberapa jenis kanker, sebagai anti jamur, anti bakteri, dan perlindungan antivirus, menurunkan tekanan darah, membantu mengelola diabetes, menenangkan saraf, meningkatkan sirkulasi, mempercepat pencernaan, dan dapat membantu menurunkan berat badan. 
Kandungan mineral dalam bawang merah pun lebih tinggi dari jenis bawang lainnya. Zat-zat tersebut termasuk besi, tembaga dan juga kalium. Besi dan tembaga dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh dengan menstimulasi produksi sel darah merah. Sementara itu kandungan allicin dalam bawang merah pun dipercaya dapat menghambat enzim reduktase yang diproduksi oleh hati, yang merupakan enzim yang mengontrol produksi kolesterol. Dengan menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh, bawang merah dapat membantu mencegah aterosklerosis, penyakit jantung koroner, serangan jantung dan juga stroke.

Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan 

Masakan yang diolah dengan bawang merah tentunya sangat sedap. Tetapi bagaimana dengan bawang merah yang masih mentah ? Tentunya jarang yang suka bukan ? Jangan dulu seperti itu, bawang merah mentah ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat bawang merah :
  • Pencegahan Kanker
Zat sayuran allium ternyata erat hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Bawang merah ini pun memiliki sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.
  • Mengatasi Perut Kembung Pada Anak-Anak
Masuk angin rentan sekali terjadi pada anak-anak dan menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasi itu semua sangatlah mudah. Ambil bawang merah yang bersih kemudian di haluskan. Beri sedikit minyak telon, dan balurkan pada pusar si kecil.
  • Meredakan Batuk
Batuk sering terjadi pada cuaca dingin dan menyerang anak-anak. Gunakan resep parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon balurkan ke sekujur punggung dengan sedikit diurut.
Itulah artikel mengenai manfaat bawang merah yang bermanfaat bagi kesehatan, semoga dapat bermanfaat. Salam Sehat !
By : www.infokesehatandanpenyakit.com | Khasiat Bawang Merah Untuk Mata Minus
Updated: September 7, 2016 — 6:49 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme