9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Buah Takokak Untuk Mata Minus

Khasiat Buah Takokak Untuk Mata Minus,- Sudah pernah mendengar buah takokak ? Sudah pernah dengar tentang buah takokak ini ? atau masih asing dengan nama buah ini ? Untuk anda yang suka mengkonsumsi lalapan, pasti tahu karena buah ini di beberapa daerah dijadikan salah satu menu lalapannya.

Khasiat Buah Takokak Untuk Mata Minus


Buah takokak ini nama latinnya adalah Solanum Torvum, atau bisa juga disebut terong pipit atau rimbang masih masuk dalam suku terong-terongan. Buah ini ternyata memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan.  Apakah kalian pengidap mata minus ? Jika iya, apakah ingin mengurangi mata minus secara alami ? Bisa menggunakan buah takokak lho, buah ini sudah diuji tentang kebenarannya untuk mengurangi mata minus. Akhirnya pun cukup memuaskan hanya dengan mengkonsumsi 5-10 biji setiap hari secara teratur, dalam beberapa bulan mata minus dapat berkurang.

Buah Takokak

Ciri-Ciri tanaman takokak adalah batang pohonnya berukuran kecil, berduri dan banyak rambut. Memiliki 5 kelopak berwarna putih, buahnya memiliki garis tengah 1 cm saja. Buah ini pun selain mengandung vitamin A juga mengandung klorogenin, torvogenin dan neo-klorogenin, sedangkan akarnya menyimpan jurubine. Buah inipun memiliki efek farmakologis seperti analgetik, antitusif, dan anti-koagulan.

Manfaat Takokak Untuk Mengobati Penyakit Lainnya

  • Tulang Keropos

Buah takokak ini juga bisa digunakan untuk menguatkan tulang, buatlah ramuan tradisional dari bahan alami. Ambil buah takokak dan kacang kedelai, masing-masing sebanyak 100 gram. Anda dapat memasak kedua bahan ini sesuai dengan selera anda.
  • Bisul dan Koreng

Buah takokak pun dapat mengatasi penyakit kulit seperti bisul dari korengan. Petik 3 helai daun pokak, lalu tumbuk dan giling hingga lembut. Kemudian terapkan pada bisul di kulit. Ulangi cara ini 3 kali dalam sehari
  • Batuk Kronis

Anda mengalami batuk yang membandel dan sulit untuk disembuhan ? Ada cara mudah untuk meredakannya. Jemur akar cepoka, ambil 12 gram saja. Akar ini kemudian direbus dengan 750ml air hingga berkurang separuhnya. Minum segelas airnya, ketika pagi dan malam hari.
  • Mastitis

Buah ini pun dapat digunakan untuk meredakan peradangan pad bagian tubuh dengan cara tradisional. Pertama-tama jemur 3 helai daun cokawana hingga kering. Tumbuk dan kemudian campur dengan sedikit cuka beras putih, oleskan pada bagian tubuh yang bengkaknya.
  • Sakit Lambung

Radang lambung bisa diredakan dengan menggunakan air takokak dengan cara keringkan akar takokak lalu ambil 10 gram. Panaskan 4 gelas air menggunakan api kecil, masukan akar tadi dan juga daun pegangan dengan takaran yang sama. Tunggu hingga airnya menyusut 2 gelas, biarkan dingin. Minum segelas airnya di pagi hari dan menjelang malam.

  • Penyakit Ambeien

Buah takokak bisa dijaikan salah satu obat wasir alami yang bisa diolah sendiri dirumah. Pertama-tama siapkan 30 gram buah terong meranti, 30 gram daun dewa, dan 10 gram temu hitam. Panaskan 600 ml air dengan api kecil, masukan semua bahan dan tunggu hingga tersisa 300 ml air saja. Minum airnya selagi masih hangat. Lakukan pengobatan ini di pagi dan malam hari.
  • Memar

Atasi bengkak dan memar dengan mudah menggunakan takokak. Jemur akar takokak hingga kering lalu ambil 15 gram. Rebus dengan 800 ml air hingga menyisakan 400 ml. Minum di pagi hari dan sore hari, dengan takaran 1 gelas.

  • Sakit Pinggang

Jika anda merasa pinggang terasa kaku dan tidak nyaman, gunakan buah takokak dan akar sawi langit, masing masing 30 gram. Siapkan pula jahe dan temulawak dengan takaran 20 gram. Semuanya rebus dalam 800ml air hingga tertinggal airnya 400 ml.. Minum selagi hangat dan diminum 3 kali sehari.

  • Flu

Cara meredakan gejala flu, gunakan bahan alami. Siapkan 15 gram jahe dan 30 gram buah terong meranti. Panaskan 400 ml air di atas api kecil, masukan kedua bahan di dalamnya. Biarkan airnya menyusut 200 ml, angkat. Konsumsi di pagi dan petang hari.

  • Keracunan Makanan

Untuk menetralkan racun bisa gunakan 20 gram daun dewa dan 30 gram buah takokak. Keduanya direbus menggunakan 600 ml air, hingga airnya menyusut 300 ml. Konsumsi dengan rutin, 2 kali dalam sehari.

Catatan :

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit glaukoma, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan dari tanaman takokak. Hindari dosis berlebihan, untuk mencegah keracunan.

Baca Juga : Khasiat Biji Bunga Matahari Untuk Mata Katarak

Khasiat Buah Takokak Untuk Mata Minus
Updated: September 2, 2016 — 6:24 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme