Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Cakar Ayam Untuk Konjungtiva Mata

Khasiat Cakar Ayam Untuk Konjungtiva Mata,- Tanaman cakar ayam adalah jenis tanaman paku yang nama latinnya adalah Selaginella Doederleinii Hieron/Herba dari keluarga Selaginellaceae. Tanaman cakar ayam termasuk divisi Pteridophyta, tumbuhan paku-pakuan ini tumbuh di tebing, jurang, dan tempat teduh berhawa dingin. Memiliki batang tegak, tinggi 15-35 cm, keluar akar pada percabangan. Daunnya kecil-kecil, panjang 4-5 mm, lebar 2 mm, bentuk jorong, ujungnya meruncing, pangkal rata dan warna daun bagian atas hijau tua, bagian bawah hijau muda. Daun tersusun di kiri kanan batang induk hingga kepercabangannya, yang menyerupai cakar ayam  dengan sisik-sisiknya.

Khasiat Cakar Ayam Untuk Kesehatan

Tanaman ini sangat baik digunakan untuk menghilangkan panas, melancarkan aliran darah, antitoksik, antineoplasma, penghenti pendarahan (hemostatis) dan menghilangkan bengkak. Selain itu cakar ayam pun berkhasiat untuk mengatasi batuk, infeksi saluran nafas, radang paru, hepatitis, diare, keputihan, masalah pada rahim, pendarahan dan kanker rahim, kanker nasofaring, sirosis hati, kanker paru, bronkitis, radang paru, tonsilis (amandel akut), batuk, koreng, hepatitis, perut busung, infeksi saluran kencing dan kandung kemih, patah tulang, reumatik, mimisan, muntah darah, dan juga radang konjungtiva mata. Bagian tanaman ini yang sering digunakan untuk pengobatan adalah seluruh bagian tanamannya baik saat segar ataupun dikeringkan. 

Kandungan Tanaman Cakar Ayam
Terdapat senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida, phytosterol, dan saponin. Kandungan inilah yang membuat cakar ayam baik bagi kesehatan.

Tanaman cakar ayam inipun telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang berkhasiat. Cakar ayam ini jika diolah menjadi obat memiliki rasa yang manis, hangat, masuk ke meridian paru-paru dan lambung.
  • Bersifat anti-piretik yang dapat menurunkan panas dan demam
  • Bersifat hemostatik yang dapat menghentikan pendarahan
  • Bersifat anti-kanker yang umumnya berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Bersifat anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan atau pembengkakan
  • Sebagai pembersih darah yang terkait dengan pencegahan jerawat atau beragam penyakit kulit
  • Bersifat anti racun yang fungsinya untuk menawarkan serta mengeluarkan racun dalam tubuh
  • Menjaga kesehatan ginjal yang juga berpengaruh dalam pencegahan infeksi saluran kemih (ISK)
  • Dapat menyembuhkan patah tulang
  • Meringankan gejala rematik dan nyeri pada persendian 

Contoh Pengolahan Untuk Pengobatan :
  • Rebusan : Herba kering sebanyak 15-30 g, untuk kanker 50-100 g. Bahan tersebut lalu direbus dalam 5 gelas air dengan api kecil. Setelah dingin air rebusannya dikonsumsi beberapa kali hingga habis dalam sehari.
  • Untuk Pemakaian Luar : Herba segar dipipis, lalu ditempelkan ke tempat yang sakit. Gunakan untuk pengobatan reumatik, koreng, patah tulang dan luka berdarah.
By : www.infokesehatandanpenyakit.com | Khasiat Cakar Ayam Untuk Konjungtiva Mata
Updated: September 10, 2016 — 6:03 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme