Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Daun Encok Untuk Penglihatan Kabur

Khasiat Daun Encok Untuk Penglihatan Kabur,- Daun encok sekilas nama tersebut mirip gangguan kesehatan pada urat. Tetapi nama daun encok ini adalah benar-benar tanaman. Nama latinnya adalah Plumbago Zeylanica L. Tanaman ini termasuk Plumbaginaceae. Sesuai namanya tanaman ini memiliki khasiat untuk keluhan seperti rematik, nyeri pinggang, nyeri sendi dan sakit kepala. 

Daun encok ini berasal dari Sri Lanka, lalu menyebar ke seluruh kawasan tropik termasuk di Indonesia dan juga kepulauan Pasifik. Daun encok dapat tumbuh liar di ladang, di tepi saluran air atau ditanam di pekarangan sebagai pagar hidup dan tempat-tempat lainnya hingga setinggi 80 mdpl. 
Tanaman encok ini batangnya berkayu, berbentuk bulat, memiliki alur dan cabang. Daunnya berbentuk tunggal dan bertangkai, dengan panjang 1,5-2,5 cm dan bagian pangkal tangkai yang agak melebar.

Khasiat Daun Encok Untuk Penglihatan Kabur

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun encok, daun encok pun dapat digunakan untuk mengatasi radang mata atau menerangkan penglihatan yang kabur. Bagian tanaman daun encok yang berkhasiat untuk mengobati mata atau penglihatan kabur adalah akar tanamannya begitu pula daunnya.
Komposisi Daun Encok :
Sifat kimiawi dan efek farmakologis : Daun encok ini sifatnya pahit, tonik dan beracun. Kandungan kimia dari daun encok adalah plumbagin, 3-3-biplumbagin, 3-chloroplum-bagin, chitranone (3-6-biplumbagin), dan droserone (2-hydroxy plum-bagin).

Khasiat Daun Encok Untuk Kesehatan 

  • Mengobati Rematik
Cara mengolah daun encok sebagai ramuan penghilang rematik adalahdengan menyiapkan segenggam daun encok segar, dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Tambahkan air hangat hingga adonan seperti bubur. Lakukan 2 kali sehari.
  • Mengobati Sakit Kepala
Siapkan daun encok secukupnya, lalu dipipis. Tambahkan sedikit minyak kelapa hingga menjadi adonan seperti bubur lalu letakan pelipis dan bagian kepaal yang sakit sebagai tapal. Hanya 30 menit saja lalu buang agar kulit tidak melepuh.
  • Melancarkan Buang Air Kecil
Gunakan daun encok secukupnya, tambahkan adas pulosari lalu giling halus. Gosok ramuan tersebut di perut bagian bawah, tepat di posisi kandung kencing. Cukup 30 menit agar tidak melepuh.
  • Mengobati Kusta, Scabies, dan Penyakit Kulit
Gunakan akar daun encok dan cuci tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit susu dan air hingga diaduk merata hingga menjadi adonan seperti pasta. Oleskan ke bagian tubuh yang sakit.
Selain itu daun encok juga dapat mengobati gangguan saluran kencing akibat panas dalam, kencing berlemak, bengkak yang disebabkan oleh ginjal, batu empedu, infeksi saluran kencing, batu ginjal dan kencing berdarah. 
Akarnya tidak kalah berkhasiat, akar daun encok dapat dimanfaatkan sebagai obat keputihan, nyeri otot. Biji tanaman encok tak kalah berkhasiat karena dapat digunakan untuk mengobati dispepsia, obat cacingan, obat mata, obat diare, penyakit beri-beri dan obat batuk yang disertai banyak dahak.

Khasiat utama yang paling dirasakan dari daun encok adalah mampu meredakan peradangan akibat serangan rematik.

Catatan : 
  • Perempuan hamil dilarang menggunakan tanaman daun encok
  • Daun hanya digunakan untuk pemakaian luar jangan digunakan terlalu lama karena akan menyebabkan luka bakar.
By : www.infokesehatandanpenyakit.com |  Khasiat Daun Encok Untuk Penglihatan Kabur
Updated: September 13, 2016 — 3:44 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme