9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Daun Gandarusa Untuk Mata

Khasiat Daun Gandarusa Untuk Mata,- Gandarusa adalah tanaman pagar yang rupanya seperti semak perdu. Tanaman ini sekilas memang terdengar asing, tetapi ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat terutama manfaatnya digunakan sebagai “kontrasepsi alami bagi pria”. Masyarakat lokal Papua juga telah lama memakai tanaman ini untuk bagian dari kontrasepsi KB pria dalam sistem adat mereka. Gandarusa ini bahkan disebut-sebut sebagai tanaman yang mampu menyembuhkan HIV/AIDS.

Uraian Tanaman :
Gandarusa ini tumbuh tegak dan tingginya bisa mencapai 2m. Letak daunnya berhadapan, berupa daun tunggal yang bentuknya lanset dengan panjang 5-20 cm, lebarnya 1-3,5 cm, tepi rata ujung daunnya  meruncing, pangkalnya berbentuk biji bertangkai pendek antara 5-7,5 mm. Warna daun hijau gelap. Memiliki bunga kecil berwarna putih dan tersusun dalam rangkaian berupa malai atau bulir yang menguncup, berambut menyebar dan keluar dari ketiak atau ujung tangkai.

Gandarusa ini tumbuh liar di hutan atau tanggul sungai dan kerap dipelihara sebagai tanaman pagar atau tanaman obat. Gandarusa memiliki daun yang rasanya pedas, sedikit asam, rasanya netral, dan kulit kayunya berkhasiat untuk perangsang muntah.

Kandungan Kimia Gandarusa :
Gandarusa memiliki kandungan kimia Justicin, minyak atsiri, kalium dan alkaloid yang agak beracun. Gandarusa pun memiliki efek analgetik, diuretik, antispermatozoa. Daunnya sendiri mengandung alkaloid yang berpotensi beracun bagi manusia.
Sifat kimiawi dan efek farmakologis daun ini adalah Rasa pedas, sedikit asam, netral. Melancarkan peredaran darah dan antireumatik.

Khasiat Daun Gandarusa Untuk Mata

Gandarusa ini pun dapat berkhasiat sebagai obat sakit mata ternyata. Hanya dengan menggunakan air rebusan gandarusa yang telah dingin lalu ditambah konsumsi air rebusan gandarusa secara rutin 2 kali sehari dapat kembalikan mata yang mengalami gangguan kesehatan. 

Khasiat Daun Gandarusa Untuk Kesehatan

  • Kontrasepsi Hormonal 
Gandarusa ini telah lama digunakan masyarakat Papua sebagai alat kontrasepsi pria. Karena gandarusa ini memiliki efek anti-spermatozoa atau mematikan sperma.
  • Pereda Nyeri (Analgetik)
Daun gandarusa pun dijadikan pereda nyeri, melancarkan peredaran darah, pereda rasa mual dan anti rematik.
  • Obat Pelancar Kencing
Daun gandarusa memiliki efek diuretik. Bisa digunakan untuk orang yang mengalami kesulitan kencing. Minum air rebusan daun gandarusa sekitar 2 kali sehari dapat membantu mengatasi masalah ini.
  • Obat Reumatik
Daun gandarusa pun dapat dijadikan obat herbal reumatik. Minum air rebusan daun gandarusa maksimal 2 kali sehari maka reumatik akan sembuh.
  • Obat Sakit Kepala
Minum air rebusan daun gandarusa sebanyak 2 kali sehari juga dapat membantu mengobati sakit kepala.
  • Obat Untuk Melancarkan Peredaran Darah
Konsumsi gandarusa 2 hari sekali pun dapat membantu melancarkan peredarah darah.
  • Obat Luar
Tanaman gandarusa ini dapat berguna untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit luar seperti obat bisul, obat memar, terkilir, keseleo, luka terpukul, memar, bengkak, borok, eksim, dan obat patah tulang. Daun tanaman ini ditumbuk halus hingga lumat dan ditapalkan di daerah luka. 
  • Patah Tulang dan Bisul
Gunakan gandarusa dengan cara dilumatkan lalu tambahkan cuka secukupnya dan aduk rata. Tempelkan pada daerah luka atau bisul.

Efek Samping Daun Gandarusa

Gandarusa ini mengandung unsur kalium, minyak atsiri, justicin dan keloid yang beracun sehingga :
  • Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi herbal ini karena ditakutkan membahayakan kehamilan
  • Tanaman gandarusa ini beracun. Daunnya mengandung alkaloid yang berpotensi menyebabkan racun bagi manusia. Harus diperlukan proses pengolahan yang benar agar racun yang dikandungnya benar-benar hilang.
By : www.infokesehatandanpenyakit.com | Khasiat Daun Gandarusa Untuk Mata
Updated: September 14, 2016 — 3:58 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme