Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Daun Mondokaki Untuk Mata

Khasiat Daun Mondokaki Untuk Mata,- Sudah pernah dengar mengenai daun mondokaki ? Mungkin sebagian dari anda akan merasa sedikit asing dengan tanaman yang satu ini jika tidak melihat gambarnya. Tanaman yang satu ini sebenarnya sering kita jumpai dan biasa digunakan tanaman hias atau tanaman pagar. Ciri-ciri utama dari tanaman ini adalah berwarna putih dan aromanya seperti kopi yang harum. Batang dari bunga ini mengandung getah. Tanaman mondokaki memiliki nama latin Ervatamia divaricata (L). Selain berguna sebagai tanaman hias, tanaman ini juga kerap digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional. 

Uraian Tanaman :Tanaman mondokaki biasa ditemukan di pekarangan dan juga di taman-taman. Berasal dari India dan tersebar di kawasan Asia Tenggara dan kawasan Asia Tropik di dataran rendah 400 m dpl. Memiliki perdu tegak dan bercabang, tinggi 0,5-3 m, batangnya bulat berkayu, mengandung getah seperti susu. Memiliki daun tunggal, tebal seperti kulit, letaknya berhadapan, 9 bertangkai pendek. Helaian daunnya berbentuk bulat telur memanjang atau jorong, ujung dan pangkalnya runcing, tepi nya rata, permukaan alas licin mengkilap, memiliki tulang daun menyirip, panjang 5-15 cm, lebarnya 2-4 cm, berwarna hijau. Buahnya buah kotak, bulat ,panjang dan berbulu. Bijinya berdaging, berselaput memiliki warna merah. Tanaman ini memiliki akar tunggang, bnetuknya silindrik, diameter 1-5 cm, berwarna kuning, permukaan luar bergabus tipis dan tidak mudah terkelupas. Perbanyakannya dengan stek atau cangkok.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis :

Mondokaki memiliki rasa asam yang bersifat sejuk. Bahan kimia yang terkandung dalam mondokarinya pun antara lain : tarbenae, antonin, korin, dan tanini. Efek farmakologisnya adalah membersihkan panas dan racun (toksin), menghilangkan sakit (analgetik), menurunkan tekanan darah, peluruh dahak, obat cacing (anthelmintik).  
Khasiat Daun Mondokaki Untuk Kesehatan

Daun mondokaki ini umumnya digunakan sebagai alternatif obat. Bagian yang sering digunakan untuk pengobatan tradisonal adalah akar, daun, bunga dan juga kulit batang tanaman mondokaki. Berikut inilah manfaat dan juga khasiatnya untuk kesehatan serta cara mengolahnya :
  • Radang Payudara (Mastitis)

Daun mondokaki siapa sangka dapat digunakan sebagai alternatif obat :

Siapkan dalam bentuk bahan segar daun mondokaki sebanyak 10 lembar dan daun dewa 10 lembar, lalu gunakan setengah genggam beras yang telah direndam selama 15 menit. Cuci hingga bersih semua bahannya, lalu giling hingga halus. Tambhkan 2 sendok makan air garam dan sambil diaduk merata. Gunakan ramuan ini untuk digunakan pada payudara yang sakit dan balutkan. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.
  • Batuk Berdahak

Kondisi kesehatan ini sangat umum terjadi, bisa menggunaakn daun mondokaki pertama-tama siapkan bahan segar daun mondokaki hingga 10 lembar, daun jinten (coleus amboinicus) sebanyak 7 lembar, dan daun sambiloto 10 lembar. Cuci semua bahan dan rebus hingga 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus pada pagi hari sebelum makan. Rebus ampasnya sekali lagi dan konsumsi pada sore hari. Lakukan setiap hari hingga sembuh.
  • Mengatasi Diare

Untuk mengatasi diare coba cuci akar mondokaki (10-15 g), lalu iris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum sedikit demi sedikit. 
  • Mengatasi Batu Ginjal

Coba siapkan irisan tipis akar mondokaki (15 gr), herba tempuyung 60 g, dan daun kumis kucing 90 g. Cuci semua bahan segar, dan rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus pada pagi hari sebelum makan. Rebus ampasnya sekali lagi dan minum sore hari. Lanjutkan setiap hari hingga batu ginjalnya bersih.
  • Radang Kulit Bernanah

Pembengkakan kulit dapat menimbulkan nanah bisa diatasi dengan menggunakan 15 gram daun mondokaki dan 30 gram daun sambiloto. Tumbuk keduanya hingga lembut, campur dengan minyak kelapa. Balurkan pada bagian kulit yang mengalami peradangan. Balut dengan kain kasa, dan dengan ikatan yang kencang. Biarkan semalaman dan bilas keesokan harinya.

Khasiat Daun Mondokaki Untuk Mata

Daun mondokaki juga bisa digunakan untuk mengatasi radang mata (konjungtivitis) , katarak stadium dini, penglihatan terganggu dan gangguan kesehatan pada mata lainnya. Cara menggunakannya adalah dengan dicuci bersih daun segar secukupnya, lalu bilas dengan air masak. Tumbuk hingga halus, lalu peras dan saring sepotong kasa steril. Air perasannya dapat menyejukan jika diteteskan pada mata yang sakit. Daun mondokaki sangat berkhasiat karena dikenal sebagai anti radang. 
By : www.infokesehatandanpenyakit.com | Khasiat Daun Mondokaki Untuk Mata
Updated: June 22, 2017 — 1:28 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme