9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Jagung Manis Untuk Mata Katarak

Khasiat Jagung Manis Untuk Mata Katarak,- Jagung merupakan tanaman berkeping tunggal atau monokotil. Akar jagung berupa akar serabut yang bisa mencapai kedalaman 8m tetapi rata-rata pada kisaran 2m. Jagung pun biasanya dijadikan bahan pembuatan atau pelengkap makanan. Indonesia tidak menjadikan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari, padahal budidaya jagung sudah banyak dilakukan sehingga jagung mudah untuk didapatkan. Jagung ternyata khasiatnya sangatlah banyak untuk tubuh. Tidak hanya mengandung karbohidrat tinggi tetapi juga mengandung nutrisi yang mampu mengatasi masalah kesehatan.
Karbohidrat pada jagung bisa menggantikan manfaat nasi. Tak heran di negara Amerika pun dijadikan salah satu makanan pokok. Pengolahan jagung pun sangat baik, karena jagung sangat nikmat apabila dibakar atau direbus tanpa minyak dan bebas kolesterol. 

Khasiat Jagung Manis Untuk Mata Katarak


Warna kuning pada jagung adalah sumber kaya beta karoten untuk membentuk vitamin A dalam tubuh dan sangat penting untuk memelihara mata dan juga kulit. Beta karoten merupakan sumber vitamin A karena dikonversi dalam tubuh, tetapi hanya jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam jagung juga terdapat senyawa karotenoid yang membentuk pigmen kuning di retina dan menyerap sinar biru, sinar berbahaya dari matahari, penyebab katarak dan makula degeneratif.  Mengonsumsi jagung secara teratur menurunkan risiko katarak dan membantu mencegah hilangnya pigmen kuning di mata. Jagung juga diperkaya dengan vitamin C, vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B1 (thiamin) dan folat. 

Khasiat Jagung Lainnya Untuk Kesehatan

  • Sangat Baik Untuk Pencernaan
Jagung adalah makanan kaya akan serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu konsumsi jagung juga mampu melancarkan buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.
  • Sumber Kalori
Jagung adalah sumber kaya kalori yang dapat dijadikan makanan pokok. Kandungan kalori jagung sebesar 342 kalori per 100 gram, yang merupakan salah satu jenis sereal yang tinggi. Inilah yang membuat jagung dikonsumsi untuk mendapatkan berat badan yang cepat.
  • Mengurangi Wasir
Kandungan serat dalam satu cangkir jagung berjumlah 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan untuk membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat akan membantu buang air besar, yang merangsang gerak peristaltik dan bahakn merangsang produksi asam lambung dan empedu. Hal ini pun dapat mengurangi diare. 
  • Sumber Vitamin
Jagun selain kaya kalori juga kaya akan vitamin B, khususnya thiamin dan Niacin. Thiamin sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan niasin dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan dermatitis yang umumnya dialami oleh orang yang kekurangan gizi. Jagung adalah sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan juga lemak. Biji jagung pun kaya akan vitamin E, sebagai antioksidan alami yang peranannya sangat penting bagi pertumbuhan dan perlindungan tubuh. 
  • Dapat Melindungi Jantung
Minyak jagung telah terbukti memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga dapat mengurangi resiko berbagai penyakit kardiovaskular. Minyak jagung adalah cara terbaik untuk menigkatkan kesehatan jantung. Jagung pun akan mengurangi kemungkinan arteri menjadi tersumbat, mengurangi tekanan darah, dan mengurangi serangan jantung dan stroke. 
  • Menurunkan Kolesterol
Minyak kulit jagung akan membantu menurunkan kolesterol LDL dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. 
  • Mengontrol Diabetes
Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi biji jagung dapat membantu pengelolaan insulin dan efektif terhadap tanda-tanda diabetes.

Khasiat Jagung Manis Untuk Mata Katarak

Updated: September 3, 2016 — 6:16 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme