Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Jahe Untuk Mata Rabun

Khasiat Jahe Untuk Mata Rabun,- Jahe merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai pelengkap masakan atau bumbu masak. Jahe ini tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak tetapi juga baik manfaatnya untuk kesehatan tubuh termasuk dapat membantu mengurangi mata rabun. Jahe juga kerap digunakan untuk menghangatkan badan. Jahe ini tanaman herbal terpercaya masyarakat Indonesia. 

Uraian Tanaman : Jahe merupakan tanaman herba semusim dengan tinggi 40-50 cm. Batang semu, beralur, membentuk rimpang, warnanya hijau. Daun tunggal berbentuk lanset tepi nya rata dan ujungnya runcing, pangkal tumpul, warna hijau tua. Bunga majemuk, bentuk bulir, sempit, ujung runcing, panjangnya 3,5-5 cm, lebar 1,5-2 cm, mahkota bunga berbentuk corong, panjang 2-2,5 cm, warnanya ungu. Buah kotak, bulat panjang dan warna coklat.

Khasiat Jahe Untuk Mata Rabun


Rabun mata adalah kondisi kelainan pada penglihatan. Apabila dari kita ada yang terkena rabun mata, bisa menggunakan jahe karena jahe dipercaya dapat menyembuhkan rabun mata yang terjadi akibat cuaca yang basah dan lembab, baik dengan cara dikonsumsi maupun dibuat celak, jahe pun dapat membantu penglihatan menjadi bening dan penglihatan pun jadi jelas. 

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan 

  • Melancarkan Pencernaan
Jahe pun dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang kurang baik. Tidak hanya buah saja. Minuman jahe dipercaya dapat membantu melancarkan pembuangan sisa makanan. Jahe juga membantu melancarkan penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut karena sifatnya dapat mengurangi peradangan.
Menghangatkan Tubuh
Jahe dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Jahe sering dijadikan minuman yang paling pas untuk dinikmati saat cuaca dingin yaitu wedang jahe. Jahe juga memiliki anti virus dan anti toksin untuk membantu mengobati  batuk dan masuk angin.

  • Mencegah Timbulnya Kanker
Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya. Ekstrak jahe ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker kulit, pankreas, kanker ginjal dan kanker paru-paru.

  • Mengatasi Masalah Pernafasan
Gangguan pernafasan yang paling sering terjadi adalah adalah batuk dan pilek. Jahe termasuk ekspektoran alami yang berfungsi melegakan sistem pernafasan, dengan memecah lendir dan menghilangkan lendir yang dapat mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.

  • Mengatasi Memar dan Nyeri
Memar ternyata bisa dihilangkan dengan menggunakan senyawa yang ada dalam sari jahe. Karena dalam jahe terdapat kandungan anti inflamasi yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Manfaat jahe dalam kandungan anti inflamasi pun dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

  • Mengatasi Morning Sickness
Ibu hamil kadang mengalami mual pagi atau morning sickness karena pencernaan yang terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut biasanya ibu hamil mengkonsumsi wedang jahe yang hangat setiap merasakan mual ketika bangun tidur.

  • Mengobati Sakit Kepala 
Stress berlebih yang dipicu akibat terlalu keras bekerja seharian dapat memicu sakit kepala. Nah wedang jahe dapat digunakan untuk membuat otak lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tubuh akan kebal dari serangan penyakit jika sistem imun meningkat. Jika antibodi(imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang menyerang mungkin dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh bisa menggunakan wedang jahe yang dikonsumsi secara teratur.
Penggunaan jahe ini aman tetapi bisa menyebabkan beberapa efek samping ringan seperti rasa mulas dan tidak nyaman di perut. 
By : www.infokesehatandanpenyakit.com | Khasiat Jahe Untuk Mata Rabun
Updated: September 16, 2016 — 5:48 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme