Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Kacang Gude Untuk Mata Infeksi

Khasiat Kacang Gude Untuk Mata Infeksi,- Kacang gude di Jawa biasa digunakan untuk tanaman pangan dan bisa juga digunakan sebagai pupuk hijau. Tumbuhan ini ditemukan dari dataran rendah hingga 2000 mdpl. Pertumbuhannya memerlukan banyak cahaya matahari dan tidak bisa dalam kondisi lembap. Tumbuh sebagai perdu tegak, tinggi 1-2 m. Batangnay berkayu, bulat, beralur, berbulu, hijau kecoklatan. Daun berkumpul tiga, bertangkai pendek. Helai daun bulat telur hingga elips, tersebar, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, berwarna hijau, bunganya majemuk, keluar dari ketiak daun, bentuknya tandan, karangan bunga 15-30 cm, berbulu, pipih dan hijau. Biji kecil dan bulat. Warna kulit biji bisa putih keabu-abuan, kuning, cokelat atau hitam. Polong muda bisa dimakan. Polong tua bisa dijadikan sejenis tempe. Daun muda pun bisa dimakan dengan mentah sebagai lalab, direbus ataupun dikukus. Bisa perbanyakan melalui biji.

Kandungan kimia : Daun gude mengandung flavonoida, saponin, dan polifenol. Dalam batangnya mengandung flavoinida, saponin dan tanin.

Khasiat Kacang Gude

Polongnya yang masih muda bisa digunakan sebagai lalap, sayur ataupun rujak. Bijinya yang sudah tua bisa digoreng dan bisa pula digunakan sebagai obat. Polong tuanya pun bisa digunakan untuk membuat tahu dan tempe sebagai pengganti kedelai.
Daun tanaman ini bisa digunakan mentah sebagai lalab, direbus ataupun dikukus. 
Gude pun dapat memperbaiki keadaan tanah karena sistem perakarannya yang lebar, mengikat nitrogen dengan Rhizobium dan yang disediakan oleh daun yang jatuh. Ternyata khasiatnya untuk digunakan sebagai pengobatan pun tidak diragukan lagi. Gude bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Daun kacang gude pun dapat digunakan untuk mengobati sakit kuning ,sakit pada mulut dan pernafasan, gangguan perut. Dan dijawa bisa digunakan untuk pengobatan demam dan herpes. 
Akar dan bijinya pun tak kalah berguna, akarnya digunakan untuk mengobati cacingan, batuk berdahak, dan luka. Bijinya digunakan untuk mengobati memar. Di beberapa wilayah di Afrika, tumbuhan ini digunakan untuk mengobati masalah pencernaan.
  • Mengeluarkan cacing dalam tubuh (Obat Cacingan)
  • Meringankan gejala batuk khususnya untuk mengeluarkan dahak
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Bersifat anti-inflamasi yang bisa mengobati memar pada kulit
  • Membersihkan dan juga memutihkan gigi
  • Bersifat anti kanker yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh
  • Mengobati infeksi pada mata
  • Terapi pengobatan sipilis
  • Meringankan gejala sakit pada telinga
  • Dapat meringankan gejala sariawan
Dengan kandungan flavonoid di dalamnya, kacang gude dipercaya dapat mengobati infeksi pada mata. 

Pengolahan Kacang Gude Untuk Pengobatan

Herpes : Gunakan baluran daun gude yang telah dihaluskan pada daerah yang ingin diobati. Kemudian balut dengan kain kasa. Untuk hasil maksimal bisa diganti 2 hingga 3x sehari.

Kurap/Penyakit Kulit : Ambil daun gude secukupnya, haluskan dan campurkan kapur sirih. Oleskan pada area kulit yang ingin diobati.
Memar/Bengkak : Sediakan biji gude dan giling atau tumbuk hingga halus. Tambah sedikit air hingga berubah menjadi bubur. Selanjutnya tinggal bubuhkan pada area kulit yang memar.
Sakit dan Gangguan Pada Mulut : Ambil daun gude dan cuci bersih lalu kunyah dan diamkan sejenak dalam mulut lalu ampasnya buang.
Batuk dan Diare : Siapkan 2 genggam daun gude yang masih segar kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Lalu saring dan minum 3x sehari 1/2 gelas untuk sekali konsumsi.
Hepatitis (Sakit Kuning) : Sediakan daun gude secukupnya. Cuci dan tumbuk hingga halus lalu tambahkan sedikit air hangat dan saring. Campur sedikit garam dapur dan minum 2x sehari.
By : www.infokesehatandanpenyakit.com| Khasiat Kacang Gude Untuk Mata Infeksi
Updated: September 15, 2016 — 5:55 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme