Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Kembang Sepatu Untuk Mata

Khasiat Kembang Sepatu Untuk Mata,-  Bunga Sepatu biasanya dijadikan sebagai tanaman has atau pagar hidup. Bunga ini sangat indah sekali sehingga siapapun yang melihatnya dapat menyegarkan mata dan memperindah pekarangan rumah. Untuk perkembangbiakannya bisa dengan cara stek batang atau cangkok. Jarang yang menggunakan bijinya. Tidak hanya manfaatnya untuk tanaman hias, bunga ini pun dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Biasanya yang digunakan sebagai obat adalah bagian akar, bunga dan daunnya.
Efek Farmakologis : Antiviral, anti radang (Anti-inflamasi), antidiuretik, dapat membantu menormalkan siklus haid, dan peluruh dahak.

Kandungan Bunga Sepatu : Bagian bunga mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat).
Asam aminonya berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Sedangkan akar dan daunnya mengandung Calcium oksalat, peroxidase, lemak dan protein. Sekitar 15-30 persen dari tanaman bunga sepatu terdiri dari asam tanaman. Termasuk asam sitrat, asam malat, asam tartarat dan allo-hidroksisitrat lakton asam, yaitu asam kembang sepatu.
Khasiat Kembang Sepatu Untuk Mata
Kembang Sepatu bisa digunakan untuk radang selaput mata (konjungtivitas). Caranya adalah dengan merebus 30 g akar kembang sepatu dengan 400 ml air hingga tersisa 200 ml. Saring air rebusannya lalu diminum. Hampir semua bagian tanaman kembang sepatu dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Mulai dari akar, daun hingga bunganya. Bunga sepatu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

Khasiat Kembang Sepatu Untuk Kesehatan

Tidak hanya untuk mata saja, kembang sepatu juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan seperti : 
  • Obat Flu, Demam dan juga Malaria
Daun bunga sepatu dipercaya bisa digunakan untuk menurunkan demam tinggi. Air rebusannya dapat diminum dan digunakan sebagai kompres ke bawah seluruh tubuh. Air rebusan daun kembang sepatu baik untuk menurunkan panas pada anak dan orang dewasa.
  • Proteksi Terhadap Infeksi
Daun kembang sepatu ini kaya akan vitamin C dan juga antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernafasan, asma, bronkitis dan batuk.
  • Obat Batuk dan Sariawan
Daun bunga sepatu dapat digunakan sebagai obat batuk dan sariawan. Caranya sama seperti pengobatan untuk demam, tetapi untuk pengobatan sariawan hanya dikumur-kumur saja. 
  • Sebagai Obat Sakit Kepala
Daun kembang sepatu pun dapat digunakan sebagai obat sakit kepala. Gunakan airnya untuk mengompres kening di kepala. Pastanya bisa digunakan untuk ditempelkan ke kepala. Air rebusannya siap untuk diminum. 
  • Mencegah Keputihan
Rebusan daun bunga sepatu pun dapat digunakan untuk menghindari keputihan berlebih. Teh bunga sepatu pun bisa mengurangi stres karena tubuh semakin rileks dan menambah energi. Air rebusan bisa digunakan sebagai obat dengan cara diminum.
  • Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan minyak yang terdapat dalam bunga sepatu mampu membantu anda untuk membersihkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus. Selain itu bunganyapun mempunyai sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengatasi jerawat dan mencegah penuaan dini.
By : www.infokesehatandanpenyakit.com | Khasiat Kembang Sepatu Untuk Mata
Updated: June 22, 2017 — 1:28 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme