9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Ketepeng Kecil Untuk Radang Mata

Khasiat Ketepeng Kecil Untuk Radang Mata,- Anda pernah dengar tanaman ketepeng kecil ? Atau sudah pernah lihat bentuknya bagaimana ? Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai manfaat ketepeng kecil untuk kesehatan tubuh terutama untuk penyembuhan radang mata.

Uraian Tanaman
Tanaman ketepeng kecil adalah tanaman perdu kecil yang tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 1 m. Tumbuh liar di pinggir kota, daerah tepi sungai, semak belukar dan kadang ditanam sebagai tanaman hias. Batangnya lurus, pangkal batang berkayu dan memiliki banyak cabang. Daerah ujung batangnya berambut jarang. Daunnya letaknya berseling, berupa daun majemuk menyirip ganda terdiri dari 3 pasang anak daun yang bentuknya bulat telur sungsang, panjangnya 2-3 cm, lebarnya 1 1/2-3 ujung agak membulat dan pangkal daunnya melancip, berwarna hijau, serta permukaan daunnya berambut halus.
Memiliki bunga yang banyak dan berwarna kuning tersusun dalam rangkaian tandan yang tumbuh di ketiak daun. Buahnya buah polong berkulit keras berisi 20-3- biji yang bentuknya lengkung berwarna coklat kuning mengkilat. Tanaman perdu ini berasal dari Amerika tropik dan menyukai tempat terbuka atau agak teduh dan juga dapat tumbuh di dataran rendah hingga 800 m diatas permukaan laut.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis :
Ketepeng memiliki rasa yang manis, pahit, asin dan bersifat agak dingin. Bahan kimia yang terkandung dalam biji segar ketepeng kecil adalah chryzophanol, emodin, aloe-emodinrehin, physcion, obtusin, toraloctone, dan vitamin A. Bahan kimia nya ini memiliki sifat meridian (membersihkan) dan meridian ginjal (menguatkan). Sementara itu efek farmakolgisnya yang utama adalah pengobatan radang mata, peluruh air seni, dan pelancar buang air besar. 

Biji ketepeng kecil yang sudah dikeringkan yang biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan. 

Khasiat Ketepeng Kecil Untuk Radang Mata


Karena kandungan dalam biji ketepeng kecil ini ternyata baik untuk mata. Akhirnya digunakanlah serbuk yang berasal dari biji ketepeng kecil yang dicampurkan dengan air secukupnya lalu aduk rata. Setelah itu ditempelkan pada kedua pelipis mata. Vitamin A yang terkandung di dalamnya inilah yang berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah kesehatan pada mata. Cara ini juga dapat digunakan untuk luka kornea, glaukoma, dan rabun senja.
Selain manfaatnya untuk kesehatan mata, ada lagi manfaat ketepeng kecil lainnya yaitu sebagai : Obat hipertensi, mengobati hepatitis, cirrhosis, perut busung air (Ascites), dan sulit buang air besar.
Cara mengolahnya untuk pengobatan penyakit pun berbeda-beda. Tidak sama. 

Cara Pengolahan Ketepeng Kecil Untuk Membantu Mengatasi Masalah Kesehatan :

  • Mengobati Cacingan Pada Anak

Cobalah lumatkan 9 g bubuk biji ketepeng kecil dan 1 pasang hati ayam, lalu tambahkan sedikit arak putih. Aduk campuran tersebut dan bentuk menjadi lempengan, setelah itu dikukus. Minum ramuan tersebut 1 kali sehari.
  • Pengobatan Hepatitis, Perut Busung Air (Ascites) dan Sirosis

Rebus 5-15 g biji ketepeng kecil, lalu minum 2 kali sehari.
  • Sulit Buang Air Besar (Habitul Constipation)

Rebus 5-15 biji ketepeng kecil, dan minum 2 kali sehari.
  • Tekanan Darah Tinggi (Hipetensi)

Sangrai biji ketepeng (goreng tanpa minyak), 15 g biji ketepeng kecil hingga kuning. Lalu giling hingga terasa kesat. Rebus dan seduh dengan air panas lalu tambahkan gula secukupnya. Minum hasil rebusan tersebut atau seduhan sebagai pengganti teh, 2 kali sehari.
By : www.infokesehatandanpenyakit.com | Khasiat Ketepeng Kecil Untuk Radang Mata
Updated: June 22, 2017 — 1:28 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme