Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Kunyit Putih Untuk Mata Perih

Khasiat Kunyit Putih Untuk Mata Perih,- Kunyit putih termasuk salah satu tanaman obat tradisional yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk digunakan sebagai obat masalah kesehatan. Kunyit putih berbeda dengan kunyit kuning. Kunyit putih jarang dijadikan untuk bumbu memasak, kunyit putih adalah sejenis umbi yang berbuah tahunan dengan rimpang bulat dan berwarna putih hampir mirip seperti kencur. 

Kandungan Zat Yang Ada Pada Kunyit Putih 
Sebagai salah satu tanaman herbal, kunyit putih digunakan sebagai resep untuk pembuatan jamu. Rasa kunyit putih memiliki rasa yang kurang sedap tetapi tersimpan di dalamnya zat kandungan yang luar biasa. Kunyit putih mengandung minyak atsiri yang manfaatnya ada juga pada daun kelor. Kunyit putih mengandung flavonoid, antioksidan, zat anti lipid peroksida, zat curcumin, dan zat RIP (Ribozom Inacting Protein). Flavonoid di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antoksidan sangat berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Khasiat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Kunyit putih sering digunakan untuk mengatasi keluhan penyakit seperti maag dan mencegah kanker payudara. Inilah resep pengobatan dengan kunyit putih :
Mengobati Penyakit Maag : Gejala penyakit maag terjadi akibat pola makan yang tidak teratur dan akibat kadar asam lambung yang terlalu tinggi. Nah kunyit putih bisa membantu mengatasi masalah maag agar tidak semakin parah. Cara mengolahnya adalah : Bersihkan kunyit putih lalu dipotong-potong. Rebus dengan 500 cc air lalu rebus hingga air tinggal separuhnya. Saring ramuan kunyit putih kemudian dinginkan. Minum selagi hangat dengan ditambahkan madu. Minum 2 kali sehari, dosis 50 cc sekali minum.

Mencegah Kanker Payudara : Kanker yang biasa menyerang kaum wanita ini termasuk salah satu jenis kanker yang paling banyak ditakuti. Untuk mengurangi resiko terjadinya kanker ini bisa gunakan kunyit putih. Caranya adalah campurkan kunyit putih dengan beberapa bahan lain seperti keladi putih dicuci bersih dan dipotong-potong. Lalu rebus dengan air sebanyak 4 gelas, tunggu hingga setengahnya. Saring dan dinginkan, kemudian minum dengan campuran madu alami untuk pemanisnya.
Untuk Mengobati Keputihan : Kunyit putih juga dapat digunakan untuk permasalahan wanita yang mengalami keputihan, cara mengolahnya sangat mudah cukup dengan menyiapkan beberapa rimpang kunyit putih dan bersihkan kemudian potong-potong tipis dan rebus dengan air secukupnya lalu tunggu hingga mendidih. Setelah airnya tidak terlalu panas, hangat-hangat kuku baru anda bisa membasuh air rebusan tadi ke bagian organ intim kewanitaan anda, coba lakukan cara ini minimal 2 kali sehari di waktu pagi dan di sore hari.

Khasiat Kunyit Putih Untuk Mata Perih


Kunyit putih ini khasiatnya pun ternyata dapat digunakan untuk pengobatan mata perih. Hanya dijadikan sebagai obat tetes mata saja. Caranya adalah dengan mengambil rimpang kunyit putih 1 siung lalu kerok dengan sendok kupas kulitnya terlebih dahulu, peras dan ambil airnya setelah itu teteskan pada kedua mata satu tetes saja. Gunakan minimal 1 bulan sekali atau 1 minggu. Bisa sangat cocok digunakan untuk orang yang memiliki mata minus atau plus sebagai terapi. Ini karena terdapat kandungan vitamin A di dalam kunyit putih. Di mata akan merasakan pedih tetapi rasa pedihnya tersebut aman dan hasilnya tidak akan membahayakan.
Efek Samping Kunyit Putih :
  • Meskipun kunyit putih sering dijadikan pengobatan alternatif tetapi bisa menurunkan keefektifan obat medis jika digunakan secara bersamaan. Sehingga jika ingin mengkonsumsinya butuh pengawasan dokter. 
  • Ibu hamil dan ibu menyusui perlu menghindari penggunaan kunyit putih secara langsung (dimakan). Karena kandungan zat dalam kunyit putih dapat membahayakan janin sehingga menyebabkan keguguran dan juga gangguan usus besar.
Itulah artikel mengenai manfaat kunyit putih untuk kesehatan. Bagaimana ? kini anda tidak perlu ragu lagi menggunakan obat-obatan tradisonal untuk mengatasi keluhan kesehatan anda.
By : www.infokesehatandanpenyakit.com | Khasiat Kunyit Putih Untuk Mata Perih
Updated: June 22, 2017 — 1:28 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme