9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Khasiat Pucuk Daun Waru Laut Untuk Sakit Mata

Khasiat Pucuk Daun Waru Laut Untuk Sakit Mata,- Pohon Waru (Hibicus Tiliaceus L) adalah tumbuhan tropis berbatang sedang dan kerap tumbuh di pantai dan tidak berawa atau di dekat pesisir. Waru pun tumbuh liar di hutam dan di ladang. Terkadang ditanam di pekarangan atau tepi jalan sebagai pohon pelindung.
Di tanah yang subur, batang waru dapat tumbuh dengan lurus. Tetapi di tanah yang tidak subur batangnya tumbuh membengkok dengan percabangan dan daun yang lebih lebar. Pohon waru dapat tumbuh pada lima dan 15 m. Batang berkayu, bulat, bercabang, berwarna cokelat. Daun bertangkai, tunggal, berbentuk jantung atau telur bundar dan berdiameter sekitar 19 cm.
Semua sisi pohon waru memiliki khasiat yang baik untuk obat herbal. Dalam pengobatan tradisional pun, akar waru digunakan sebagai pendingin untuk penderita demam, daun waru juga dapat digunakan sebagai pendingin untuk penderita demam, daun waru membantu pertumbuhan rambut untuk penderita alopesia sekunder, juga sebagai obat batuk, obat diare berdarah/berlendir, anti-amandel dan anti masuk angin.
Daun waru memiliki zat-zat berkhasiat seperti saponin, flavonoid, dan polifenol. Akarnya mengandung saponin, flavonoid dan tanin. Flavonoid merupakan senyawa fenol terbesar. Senyawa itu terdiri dari 15 atom karbon yang beberapa besar dapat ditemukan dalam kandungan tumbuhan. Flavonoid pun dikenal sebagai vitamin P dan citrin. Manfaat paling utama zat flavonoid dalam tubuh manusia adalah antioksidan yang dapat menghalangi sistem penuaan dan menghindari perubahan sel kanker. Flavonoid pun berfungsi untuk melindungi susunan sel dalam tubuh, meningkatkan penyerapan serta pemakaian vitamin C dalam tubuh, sebagai obat anti-inflamasi dan masih banyak yang lainnya. Zat saponin memiliki khasiat mengikat kolesterol dalam darah. Plifenol juga memiliki fungsi sebagai antiseptik serta antioksidan. 

Khasiat Pucuk Daun Waru Laut Untuk Sakit Mata

Tahukah anda bahwa daun waru memiliki khasiat dapat membantu mengatasi sakit mata. Orangtua yang memiliki riwayat kesehatan mata yang buruk terkadang rentan mengalami sakit mata, penularan sakit mata juga rentan terjadi. Penyebabnya tidak hanya memandang orang yang sakit mata tetapi juga adanya kontak cairan mata orang yang terserang sakit mata dengan orang yang masih sehat. 
Daun waru bisa dikatakan efektif untuk membantu menyembuhkan masalah kesehatan pada mata ini. Pucuk daun waru yang diramu dengan bawang merah. Ada juga herbal lain yang baik untuk sakit mata yaitu kayu secang dan mengkudu. Kandungan kimia daun dan akar waru laut adalah saponin dan juga flavonoid. Daun waru pun mengandung senyawa fenol dan tanin.

Resep Mengolah Pucuk Waru Laut Untuk Kesehatan Mata 

Bahan-bahan
  • 4 lembar pucuk daun waru laut
  • Bawang merah secukupnya
  • 1 Sdt madu
  • Air secukupnya
Cara Membuat 
  • Cuci bersih pucuk daun waru laut dan bawang merah
  • Tumbuk hingga halus
  • Tambahkan madu, peras dan ambil sarinya
  • Sajikan ramuan ini dalam 1 gelas hanya untuk sekali minum
  • Minum ramuan rutin 2 kali sehari
By : www.infokesehatandanpenyakit.com |Khasiat Pucuk Daun Waru Laut Untuk Sakit Mata
Updated: September 5, 2016 — 3:46 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme