9 Obat Sakit Pinggang Tradisional Di Apotik

Pusat Kesehatan Tulang dan Sendi

Month: October 2016

Tanda Tanda Penyakit DBD Pada Anak

Tanda Tanda Penyakit DBD Pada Anak,- Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Dengue yang bisa menyebabkan demam dan menimbulkan pendarahan. Demam berdarah pun bisa menjadi penyebab kematian. Seperti yang telah terjadi di sebagian besar negara Asia termasuk di Indonesia. 
Anak-anak paling rentan mengalami DBD, sehingga pengenalan penyakit DBD sejak dini pada anak begitu penting. DBD bisa membunuh secara perlahan tetapi seolah olah terjadi dalam waktu singkat. Seperti pada contoh gejala DBD ketika seseorang terkena panas dan panasnya sudah mulai menurun, justru bukan pertanda akan sembuh justru fase tersebut adalah fase kritis yang harusnyam mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Daya tahan tubuh anak tentulah masih lemah tidak seperti orang dewasa.
Penyebab DBD
DBD bisa terjadi apabila si penderita digigit oleh nyamuk terutama Aedes Aegypti yang mengandung virus Dengue. 
Ciri-Ciri Nyamuk Aedes adalah :
  • Mempunyai bintik-bintik putih pada badan dan kakinya
  • Berkembang biak di air yang jernih dan mampu terbang sejauh 100 – 200 meter
  • Sifat khas nyamuk ini menggigit saat siang hari yaitu pagi dan sore, ketika istirahat biasanya hinggap di gantungan baju
  • Nyamuk ini berkembang biak pada air bersih, tidak bertanah, seperti pada bak mandi, tempayan, tempat minum burung dan barang barang bekas yang tergenang air.

Tanda Tanda Penyakit DBD Pada Anak

Penyakit ini mudah menyerang anak-anak. Pada tahap awal bisa dilihat dari jumlah trombosit yang merosot dan bahkan menurun drastis bagi yang sudah parah. 
Demam Tinggi
Tapi pada tahap awal gejala yang terlihat adalah demam tinggi. Anak penderita demam berdarah biasanya mengalami demam tinggi hingga 40 derajat celcius. Badan anak akan mengalami panas dingin. Fase demam yang terjadi pada penderita DBD ini menunjukan grafik seperti pelana kuda. Pada awal panas tinggi, pada fase kritis akan menurun. Pada tahap inilah biasanya terjadi kesalahpahaman, biasanya demam itu akan kambuh lagi. Dan demam biasa terjadi kurang lebih 1 minggu. 
Lemas dan Lesu
Si anak akan terlihat lemas dan lesu pada gejala DBD. Biasanya aktif bermain berlarian, kemudian tiba-tiba anak lemas dan lesu. Jika anak mengeluhkan rasa nyeri di bagian belakang matanya perlu diwaspadai, apalagi jika anak terlihat wajahnya sangat pucat. 
Bintik  Bintik Merah
Demam berdarah akan menghasilkan gejala bintik bintik merah tetapi tak jarang pula bintik merah dan ruam muncul di sekujur tubuh. Pada anak bintik merah tersebut diakibatkan oleh infeksi virus dengue yang mengakibatkan terganggunya sistem pembekuan darah. 
Rasa Mual
Penderita demam berdarah juga merasakan mual dan ingin muntah. Nafsu makannya pun berkurang karena perasaan tidak enak pada perut tersebut. Pada anak akan muncul gejala lain lagi yaitu gatal pada telapak kaki dan juga batuk pilek.
Diagnosis DBD atau bukan bisa dilakukan pemeriksaan dengan melakukan uji laboratorium dengan uji tourniquet dan trombosit. 
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme