Info Kesehatan dan Penyakit

Informasi Seputar Pengobatan

Khasiat Tanaman Adas Untuk Haid Tidak Teratur

Khasiat Tanaman Adas Untuk Haid Tidak Teratur,-  Siapa yang belum tahu tanaman adas ? Ya tanaman adas merupakan salah satu dari 9 tumbuhan obat yang dianggap memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Manfaat adas untuk kesehatan ini bisa membantu untuk mengatasi gangguan seperti : anemia, gangguan pencernaan, perut kembung, sembelit, kolik, diare, gangguan pernafasan, gangguan menstruasi dan bisa bermanfaat untuk perawatan mata. Daun adas memiliki nama latin (Foeniculum vulgare Mill.).


Uraian Tanaman Adas : 
Adas tumbuhannya dapat hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.800 m diatas permukaan laut, tetapi akan tumbuh lebih baik pada dataran tinggi. Asalnya dari Eropa Selatan dan Asia, dan karena manfaatnya kemudian banyak ditanam di Indonesia, India, Argentina, Eropa dan Jepang. Terna berumur panjang, tinggi 50 cm -2 m, tumbuh merumpun. Satu rumpun biasa tumbuh terdiri dari 3-5 batang. Batangnya hijau kebiru-biruan, beralur, beruas, berlubang, bila memar baunya wangi.

Kandungan dan Efek Farmakologis daun adas :
Buah masak mengandung bau aromatk, rasa sedikit manis, pedas, hangat, masuk meridian hati, ginjal, limpa dan juga lambung. Daunnya berbau aromatik. Kandungan kimia : Adas mengandung minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1-6% mengandung 50-60% anetol, lebih kurang ebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Kandungan anetol yang menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin). Efek Farmakologis dan 
Hasil Penelitian : 
1. Komponen aktifnya, anisaldehida, meningkatkan khasiat streptomycin untuk pengobatan TBC pada tikus percobaan. 
2. Meningkatkan peristaltik saluran cerna dan merangsang pengeluaran kentut (flatus). 
3. Menghilangkan dingin dan dahak. 
4. Minyak adas yang mengandung anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldehid berkhasiat menyejukkan saluran cerna dan bekerja menyerupai perangsang napsu makan. 
5. Dari satu penelitian pada manusia dewasa, diternukan bahwa adas mempunyai efek menghancurkan batu ginjal. 6. Pada percobaan binatang, ekstrak dari rebusan daun adas dapat menurunkan tekanan darah. Namun, pengolahan cara lain tidak menunjukkan khasiat ini.

Khasiat Tanaman Adas Untuk Haid Tidak Teratur

Adas juga dikenal dengan Emenagogue yang artinya dapat mengatur hormon menstruasi dengan benar, sehingga menstruasi jadi lebih lancar dan teratur. Adas pun digunakan secara tradisional sebagai obat pereda nyeri dan dapat menenangkan bagi wanita menopause. Untuk mengolah daun adas sebagai obat haid tidak teratur adalah dengan menyiapkan daun dan bunga srigading masing-masing 1/5 genggam, jinten hitam 3/4 sendok teh, adas 1/2 sendok teh, pulosari 1/2 jari, bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula batu sebesar telur ayam, dicuci lalu dipotong potong seperlunya. Bahan-bahan tadi pun direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 1/4 gelas. 
By : www.infokesehatandanpenyakit.com| Khasiat Tanaman Adas Untuk Haid Tidak Teratur
Updated: June 22, 2017 — 1:28 am
Info Kesehatan dan Penyakit © 2017 Frontier Theme