Benefit Daun Pegagan Untuk Kesehatan Otak

Benefit Daun Pegagan Untuk Kesehatan Otak

Benarkah Sehelai Daun Pegagan Memiliki Manfaat Untuk Otak ?

Benefit Daun Pegagan Untuk Kesehatan Otak

Mari kita cek jawabannya disini !

Maraknya obat herbal khusus vitamin otak dari daun pegagan membuat kita bertanya-tanya, apa emang benar sih sehelai daun ini bagus manfaatnya untuk otak ? Perlu diketahui !

Daun Pegagan memiliki banyak kegunaan dalam pengobatan. Dan ternyata selain dikenal sebagai obat juga bisa digunakan sebagai lalapan makanan lho !

Pada Zaman dulu daun pegagan ini digunakan untuk gangguan kulit, saraf dan perbaiki peredaran darah. Tapi beberapa peneliti melakukan penelitian khusus untuk daun pegagan menyangkut kecerdasan.

Penelitian dilakukan oleh B. Sathya dan R. Uthaya Ganga, dari Govt. Siddha Medical College, Palayamkottai, India. Mereka menguji khasiat dari serbuk pegagan terhadap IQ anak. Dan hasilnya, serbuk pegagan ini terbukti bisa bantu tingkatkan intelegensia. 15 anak yang terkena hambatan mental diberi 500mg serbuk pegagan selama 1 bulan. Hasilnya IQ bisa meningkat hingga 4,6%. Semua anak yang mengikuti uji klinis pun bisa lebih berkonsentrasi. Inilah hasil riset penelitian daun pegagan bisa bantu tingkatkan kemampuan belajar dan memori.

Dalam daun pegagan ternyata terdapat zat asiaticosida. Zat ini berpengaruh terhadap perilaku anak yang pasif, pemalu dan gelisah bisa bantu berubah menjadi periang, komunikatif dan kooperatif. Senyawa golongan triterpenoid ini bisa tingkatkan daya ingat, konsentrasi dan juga kewaspadaan. Cara kerjanya yaitu dengan lancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi ke sel otak. Daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang bisa berikan energi bagi otak.


Khasiat Utama Daun Pegagan Yang Telah Terbukti dan Teliti

  • Bisa bantu tingkatkan daya ingat, kecerdasan, dan konsentrasi
  • Membangkitkan fungsi sistem saraf pada otak
  • Membantu penyembuhan penyakit TBC
  • Menghambat produksi jaringan bekas luka berlebihan
  • Dikenal sebagai anti kusta atau lepra
  • Unsur kimia yang terdapat dalam pegagan beri efek menenangkan, anticemas, dan anti stress
  • Bantu perbaiki sel kulit mati, merangsang pertumbuhan kuku, rambut dan jaringan ikat
  • Melancarkan peredaran darah
  • Menghilangkan rasa nyeri di persendian

Cara Mengolah Daun Pegagan

Untuk mengolah daun pegagan sebagai ramuan, berikut ini resepnya :

Sebagai Minuman Kesehatan

Ambil daun pegagan yang telah dikeringkan kurang lebih 10 gram (untuk dewasa) atau 2,5 gram (anak-anak). Rebus dengan 3 gelas air matang. Jika ingin ada rasa manis coba tambahkan gula batu. Sebagai minuman penghangat bisa ditambah susu.

Jus

Ambil daun pegagan segar, segenggam tangan orang dewasa, campurkan dengan air secukupnya. Jika mau tambahkan dengan buah lain, lalu masukan ke blender. Jika ingin bisa tambahkan gula, susu, atau madu agar terasa manis. Blender hingga halus dan siap sajikan dengan es.

Itulah sedikit informasi dan tips mengenai daun pegagan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat..Selamat mencoba.

Baca Juga : Walatra Brain Nutrition Capsule 

By Obat Sakit Pinggang Di Apotik

Leave a Comment